Kamu Oily Skin? Ini Kandungan yang Tepat untuk Kulit Berminyak!

Kulit berminyak

PERJUANGAN perempuan salah satunya sering kali ditemukan di ranah kecantikan, salah satunya skincare. Tidak hanya perempuan, lelaki pun sudah saatnya memperhatikan kondisi kulit.

Banyak sekali struggle yang dilalui untuk memilih skincare yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit. Memakan waktu bertahun-tahun sampai harus rela merogoh dompet lebih dalam. Semua itu demi kesehatan kulit.

Kamu Harus Tahu! Kandungan yang Tepat untuk Kulit Berminyak!

Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda. Ada yang normal to dry, normal to oily, kering, berminyak, dan sensitif. Tentu, kita harus kenal lebih dulu jenis kulit baru menentukan kandungan yang tepat untuk kulit kita.

Sering kali kita suka salah paham dan latah, kalau ada skincare yang viral, langsung dibeli karena testimoninya bagus. Akan tetapi, hal utama dalam memilih produk skincare, perhatikan kandungannya.

Kalau skincare-nya bagus dan mahal, tetapi tidak mendukung kulit berminyak? Ya, sama saja bohong. Sebaiknya, jangan mudah mengikuti tren. Tetap fokus pada kandungan yang ampuh dan cocok dengan kulit kita. Supaya uang dan tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu terkuras.

Nah, pada artikel kali ini, aku akan membahas kandungan yang tepat untuk kulit berminyak. Mengingat kita tinggal di Indonesia yang tropis dan lembab, sehingga didominasi dengan orang-orang kulit berminyak.

Untukmu yang memiliki kulit berminyak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
  • Pilih skincare dengan non comedogenic
  • Pastikan skincare kita punya tekstur gel atau lebih ringan
  • Wajib double cleansing

Perlu diluruskan, memang kulit berminyak adalah kondisi yang mana kita memproduksi sebum atau minyak berlebih. Akan tetapi, bukan berarti kita harus menghilangkan sebum dari wajah. Kenapa? Nyatanya, sebum amat berguna untuk melembabkan wajah secara alami. Namun, sebum yang berlebihan pun harus diminimalisir supaya balance.

Nah, apa saja kandungan yang harus kamu pilih sebelum membeli skincare to oily skin?

Kandungan yang tepat untuk kulit berminyak

Retinol

Retinol merupakan bahan yang bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak yang kamu miliki. Kandungan ini dikenal dengan manfaatnya sebagai anti aging karena dapat mengurangi kerutan di wajah, meremajakan kulit, bahkan dapat mengurangi bruntusan.

Retinol merupakan kandungan yang tepat untuk kulit berminyak karena salah satu fungsinya sebagai stimulasi regenerasi kulit. Salah satu dukanya kulit Berminyak adalah kalau terkena debu, kotoran, atau teroksidasi, akan tersumbat ke dalam pori-pori. Nah, retinol ini akan membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih bersih dan sehat.

Namun, perlu diketahui, efek dari penggunaan retinol ini bisa membuat kulit kering. Oleh karena itu, setelah mengaplikasikan retinol, tetap gunakan pelembab. Hindari juga retinol saat kondisi wajah sedang berjerawat meradang, ya!

Hyaluronic Acid

Pejuang skincare pasti sudah hafal dengan kandungan terkenal satu ini, hyaluronic acid. Teksturnya yang ringan dan mudah menyerap, tentu cocok dengan pemilik kulit berminyak.

Sebab, hyaluronic acid akan membantu kulit berminyak kamu lebih seimbang. Apa lagi kalau tubuh memberi sinyal kalau kulit sedang kering, sinyal tersebut akhirnya akan menghasilkan sebum lebih banyak lagi.

Oleh karena itu, hyaluronic acid merupakan kandungan yang tepat untuk kulit berminyak karena dapat mengontrol dan menyeimbangkan minyak berlebih. Hyaluronic acid pun dapat membuat lembab, sehingga cocok digunakan setelah retinol. 

BHA (Salicylic Acid)

Acne fighter dan pemilik kulit berminyak pasti familiar dengan kandungan wajib satu ini. Salicylic Acid, selain tepat untuk kulit berminyak juga tepat untuk perawatan kulit berjerawat.

Sebab, Salicylic Acid memiliki sifat yang ramah dengan minyak. Bermanfaat sebagai eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Saat, kulit berminyak kamu sedang mengalami komedo atau bruntusan yang keras, BHA akan membantu melembutkan komedo dan akan meredakan.

Kamu harus perhatikan, penggunaan Salicylic Acid harus dibarengi dengan penggunaan moisturizer atau pelembab dan juga tabir surya atau sunscreen. Sebab, sia-sia kalau kamu rajin menggunakan Salicylic Acid, kalau kamu melewati tahap sunscreen karena tetap akan menghasilkan kerutan-kerutan di wajah.

Kemudian, apa bedanya sih BHA dan AHA? AHA hanya akan larut ke dalam air dan berfokus pada lapisan luar, sementara BHA akan larut dalam minyak dan menembus ke dalam lapisan kulit sehingga Salicylic Acid atau nama lain dari BHA ini merupakan kandungan yang tepat untuk kulit berminyak.

Kulit berjerawat

Niacinamide

Untukmu dengan jenis kulit apa pun itu pasti sudah tidak asing lagi dengan kandungan yang selalu ada dalam setiap produk skincare. Siapa yang tidak tahu Niacinamide? Kandungan yang bisa masuk ke semua jenis kulit karena punya manfaatnya sendiri. 

Namun, Niacinamide cocok di semua jenis kulit tergantung dengan kadar dosisnya. Secara jurnal ilmiah, dosis Niacinamide yang efektif dan dapat membantu mengatasi permasalahan kulit itu berada di 5%. Sementara, belum ada penelitian yang dapat membuktikan Niacin dapat bekerja dengan efektif lebih dari 5%, sebaliknya justru dapat mengakibatkan iritasi. 

Kadar Niacinamide 2% dapat membantu meminimalisir produksi sebum di wajah dan juga memperbaiki skin barrier. Nah, bekas jerawat pun dapat diatasi dengan kandungan kadar Niacinamide sebanyak 4%. Dan, kalau kamu punya masalah produksi sebum berlebih, berjerawat, bekas jerawat, dan juga flek, kamu bisa pilih produk skin care dengan kandungan Niacinamide berdosis 5%.

Jadi, pastikan sesuaikan dosis tergantung dengan permasalahan kulit kamu. Bukan tentang seberapa banyak dosisnya tetapi harus secukupnya dan efektif untuk membantu masalah kulit kamu. Sehingga, Niacinamide masuk dalam salah satu kandungan yang tepat untuk kulit berminyak.


Referensi:

https://youtu.be/EXL92K2Hx2Y?si=hx_JkjX35YduoquV

https://youtu.be/hNvf_zxbx9o?si=vJTb2Qj849h20aMl

https://youtu.be/xcY1UDWEO8g?si=xTdbmDBx8zS2QEmy



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url