Peran Menulis dalam Kehidupan Sehari-Hari


Menulis sebagai kebutuhan
KEHIDUPAN yang lebih baik bukan hanya bisa diupayakan dari bagaimana cara kita menjalin dan menjaga hubungan baik dengan lingkungan sosial. Nyatanya, hanya dengan satu kegiatan yang apabila dilakukan secara rutin akan membuat hidup jadi lebih baik, produktif, bahkan sehat. Kegiatan itu pun mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak kebutuhan. 

Menulis.

Hampir dari kita, sudah biasa menulis. Di sekolah, di rumah, bahkan di era digital pun makin banyak lagi orang menulis (mengetik) pada laman media sosial. Walaupun memang berbeda cara kerjanya, tetapi kegiatan menulis baik secara tulis tangan dan mengetik pun memberikan dampak atau peran dalam kehidupan sehari-hari. Nah. Kali ini aku mau membahas peran menulis dalam kehidupan sehari-hari, yang beberapa di antaranya works di aku.

Peran Menulis dalam Kehidupan Sehari-Hari, Kegiatan Mudah Banyak Hikmah

Menulis merupakan salah satu kemampuan dasar manusia. Sejak kecil kita sudah diupayakan untuk bisa membaca, berhitung, dan menulis. Kemampuan dasar tersebut yang akhirnya dapat membantu kita bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya, menulis hanya sebagai kebutuhan pokok seperti sekolah, bekerja, atau hal-hal lain yang mengharuskan kita untuk menulis. Akan tetapi, apakah kamu pernah menulis hanya karena ingin atau punya tujuan dalam menulis? 

Bagi sebagian orang, menulis merupakan kegiatan mengisi waktu luang. Bukan hanya sekadar kebutuhan sekolah ataupun bekerja, melainkan menulis memberikan sebuah kepuasan dan kebahagiaan dalam diri. Menulis mampu membawa seseorang ke dalam dunia yang lebih luas dan dalam lagi. Dengan, menulis seakan-akan membuat seseorang tenggelam dalam lautan pikir. 

Menjadikan menulis sebagai hobi pun sama saja kita sedang meningkatkan produktivitas. Sebab, ketika menjangkau ide pikiran dalam tulisan, artinya kita sedang memproduksi sebuah karya tulis. Kalau hobi menulis ditekuni dan diseriuskan, tentu tulisan kita akan punya nilai jual dan berpotensi punya jenjang karier di dunia kepenulisan.

Siapa sangka kalau hanya dengan menulis pun bisa menghasilkan honorarium dan berkarier. Sekarang di era serbsdigital, Menulis bukan hanya sebagai kemampuan dasar, melainkan juga sebuah skill yang dibutuhkan banyak perusahaan atau pelaku usaha untuk branding produk barang ataupun jasa. Dan, siapa sangka kalau menulis punya peran besar dalam kehidupan kita?

Peran menulis dalam kehidupan sehari-hari

1. Melatih Kreativitas dan Menyalurkan Imajinasi

Salah satu peran menulis dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kreativitas. Kok bisa? Pada saat menulis rutin, otak kita akan dipakai untuk bekerja. Ketika berpikir, otak akan berusaha mencari kira-kira apa yang mau ditulis? Tidak hanya itu, kita pun sering kali harus memikirkan bagaimana cara mengemas kata menjadi rangkaian kalimat atau paragraf yang enak dibaca?

Selama sekolah, paling tidak sekali, kamu pernah mendapatkan tugas mengarang, ‘kan? Nah, meskipun kamu punya pengalaman, tetapi kamu harus menciptakan karangan yang enak dibaca dan mudah dipahami. Nyatanya, menuliskan apa yang ada di pikiran tidak semudah itu. Oleh karena itu, menulis dapat melatih kreativitas.

Selain itu, kalau kamu suka menulis cerpen, tentu menulis akan membantu kamu untuk menjangkau imaji. Tidak hanya cerpen, saat menulis jurnal harian atau ingin sekadar menuangkan imajinasi—se-absurd apa pun—kamu harus mengekspresikannya melalui tulisan. Kita tidak pernah tahu, ‘kan, kalau tulisan kita akan berguna di masa depan?

2. Mengembangkan Kemampuan Verbal Linguistik

Kamu tahu tidak, kalau manusia pada dasarnya punya tipe kecerdasan sendiri? Salah satunya, kecerdasan verbal linguistik. Seseorang yang memiliki kecerdasan verbal linguistik, dia memiliki kemampuan berbahasa dan bertutur yang baik. Selain itu, kecerdasan ini juga mampu membuat seseorang menciptakan sebuah ide-ide dana juga gagasan. Nah, dengan menulis akan memudahkan kecerdasan tersebut untuk mengekspresikan ide pikir dan tutur bahasa ke dalam tulisan.

Sebab, manusia itu banyak tipenya. Ada yang lihai dalam berbicara, tetapi tidak begitu lihai dalam menulis. Sebaliknya, ada yang jago menulis, tetapi kurang bisa berbahasa dengan baik. Namun, ada banyak juga seseorang yang jago dan lihai, baik dalam berbicara maupun menulis. 

Menulis juga dapat membantu pengembangan diri kita. Kadang kala, seseorang suka tidak percaya diri terhadap potensi yang dimiliki. Sejatinya, potensi tersebut dapat mengembangkan dirinya. Dengan menuliskannya, akan membuat kita jadi lebih percaya diri dan yakin untuk meraih potensi tersebut.

3. Komunikatif

Peran menulis dalam kehidupan sehari-hari pun dapat membantu komunikasi. Komunikasi tidak hanya dilakukan melalui verbal, tetapi juga bisa melalui tulisan. Namun, di sisi lain, tulisan pun bisa menimbulkan perspektif masing-masing bagi para pembaca. Sehingga, memublikasikan tulisan, kita perlu membaca ulang dan perhatikan betul-betul.

Salah satu manfaat menulis yang kurasakan dampaknya adalah, menulis membantu aku lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum. Sebab, kebiasaanku menulis selama beberapa tahun membuatku harus mengenal perbendaharaan kata, merangkai kata, merunutkan dari gagasan satu ke gagasan lain, dan menambah wawasan melalui riset dan juga membaca.

Apa yang ditulis di blog pun membantuku untuk lebih terstruktur lagi dalam berpikir dan berbicara, meskipun saat ini belum sempurna. Namun, dengan membuatku percaya diri dan suka berbicara di depan umum misal sebagai MC ataupun moderator, ini sudah membuahkan merasa punya value karena kemampuan menulis tersebut. 

4. Menjaga Kesehatan

Saat duniamu sedang tidak baik-baik saja, tentu akan berpengaruh terhadap emosi kamu. Emosi negatif yang apabila dipendam terus-menerus tentu akan memberi dampak buruk bagi mental dan fisik kamu. Peran menulis dalam kehidupan sehari-hari, akan membuatmu paling tidak bisa lebih rileks dalam menghadapi dunia. 

Nyatanya, menulis dapat menjaga kesehatan mental dan membuat kita jadi lebih bahagia. Bahkan, saat ini banyak, lo, psikolog yang melakukan terapi pada kliennya menggunakan media tulis atau biasa disebut dengan menulis ekspresif. Ketika kamu ragu untuk bercerita kepada orang lain, kamu bisa menuliskannya dalam kertas atau blog pribadi. Tidak perlu memikirkan enak dibaca atau terstruktur, isi hati kadang sulit sekali untuk diutarakan.

Fisik pun ikut andil mengalami kesehatan hanya dengan menulis. Sebab, pada saat menulis, otak kita akan aktif berpikir dan mencari ide tulisan. Sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan juga mengembangkan kemampuan kognitif. Selain itu, menulis juga dapat menjaga tubuh tetap bugar meskipun usia makin beranjak tua.

Menulis dapat melatih konsentrasi

5. Melatih Konsentrasi

Peran menulis dalam kehidupan sehari-hari amat membantu kita dalam berkonsentrasi. Pada saat menulis, kita diupayakan untuk fokus dan berpusat hanya pada satu topik yang sedang tulisan. Tidak mungkin, ‘kan, kita menulis soal fesyen, tetapi otak kita memikirkan makanan? Tentu tulisan akan buyar dan tidak berfokus.

Ketika otak kita diminta konsentrasi, kita akan mulai menyusun kerangka dari awal hingga akhir tulisan. Kita hanya terfokus pada satu pokok permasalahan yang harus kita tulis dalam satu tulisan utuh. Sehingga, tulisan tersebut tidak bertele-tele. Apa lagi kegiatan menulis bisa dilakukan minimal satu jam, bahkan lebih. Waktu lama ini yang dapat melatih konsentrasi.

Secara tidak langsung, hal itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari..Salah satunya, kita jadi lebih mudah untuk menyelesaikan dari masalah satu ke masalah lainnya. Kita pun bisa lebih produktif dan fokus dalam lingkungan kerja ataupun melakukan sebuah kegiatan.

ITU dia peran menulis dalam kehidupan sehari-hari yang akan kita dapatkan. Artinya, kalau kita tekun dan mulai membiasakan diri Menulis untuk kehidupan yang lebih baik dan sehat, tentu akan membuat kita lebih rileks dalam menjalani hidup. Nah, coba ceritakan pengalaman menulis yang berperan dalam hidup kamu!


Referensi

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lampung/baca-artikel/14320/Manfaat-Menulis.html%23:~:text%3DMenulis%2520dapat%2520membantu%2520Anda%2520meluapkan,sehingga%2520tidak%2520ada%2520yang%2520terpendam.&ved=2ahUKEwiZ8NjhnbmEAxV_UGcHHVJjDXEQFnoECAsQBQ&usg=AOvVaw0aXZ8Gb3rIw6OHS7ZASJrJ

https://blog.tempoinstitute.com/berita/enam-manfaat-menulis/#:~:text=Dengan%20menulis%2C%20kreativitas%20Anda%20akan,dan%20dimengerti%20oleh%20para%20pembaca.

https://edulearningacademy.com/alasan-pentingnya-menulis-dan-manfaat-menulis/

https://penerbitdeepublish.com/mengapa-menulis-itu-penting/#6_Membantu_Meningkatkan_Konsentrasi


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url