Tip Meningkatkan Kemampuan Menulis!

MENULIS sudah bukan lagi sekadar menulis, 
melainkan menjadi mata pencaharian. Sudah banyak para penulis yang akhirnya mampu menghidupi dirinya dengan skill kepenulisan mumpuni. 

Artinya, menulis memang bisa dilakukan semua orang. Akan tetapi, kemampuan menulis tidak semua orang memahaminya. Tentu butuh pengalaman khusus untuk bisa menjadi seorang penulis. 

Apalagi di era digital saat ini, skill menulis sudah tidak bisa diremehkan lagi. Untuk menarik pelanggan pun dibutuhkan kemampuan menulis yang baik dan merangkai dengan kalimat efektif. 

Kalau diingat-ingat zaman ketika teknologi masih terasa klasik, tetapi asyik. Artikel ditulis pada koran ataupun majalah. Cerita-cerita fiksi maupun non fiksi dengan buku cetak masih berjaya. 

Pertumbuhan tidak hanya berlaku pada remaja menjadi dewasa. Akan tetapi, segala aspek kehidupan pun ikut bertumbuh dan tentu makin memudahkan kita untuk beraktivitas. Segalanya menjadi super cepat. 

Saat ini era digital menjadi primadona. Hampir semua aktivitas bisa dilakukan hanya melalui gawai..begitu pula dengan menulis. Ketika kita awalnya terbiasa menulis di buku, sekarang bisa nulis di gawai, bahkan mendapat penghasilan. 

Namun, untuk mendapatkan penghasilan, kita harus memahami lebih dulu. Bagaimana sih cara menulis yang baik dan benar? Sebelum mengetahui tip meningkatkan kemampuan menulis, yuk, pahami lebih dulu impact dari menulis!

Alasan Mengapa Harus Belajar Menulis?


Yup. Dalam mengerjakan dan menekuni sesuatu, selain hasil, pasti akan memiliki dampak baik bagi diri kita sendiri. Begit#u pula ketika kita berusaha dan belajar menulis yang baik dan benar itu seperti apa?

Menumpahkan Emosi

Sampai saat ini menuliskan jurnal sehari-hari menjadi kebutuhan yang kerap dimiliki setiap orang. Memang tidak banyak orang saat ini masih mengaplikasikan buku diary, tetapi kita pasti sudah tidak asing lagi dengan curhatan teman di media sosial bukan?

Nah, hal tersebut merupakan salah satu bentuk mengekspresikan perasaan atau emosi. Sering kali ditemui alasan orang menulis adalah karena ingin mengekspresikan perasaan. Sebab, tidak semua orang bisa mengerti kita. 

Jadi, kalau ada teman atau kerabat yang sedang curhat di media sosial. Kalau merasa risi abaikan saja, tidak perlu menjustifikasi. Kita juga harus meningkatkan empati. 

Namun, memang kalau kita merasa emosi meluap. Sebaiknya memang ditulis, tetapi tidak dipublikasikan. Cukup disimpan sebagai tempat buang sampah. 

Mendapatkan Penghasilan

Tip meningkatkan kemampuan menulis pun bisa membantu kita mendapatkan penghasilan loh. Saat ini banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan skill kepenulisannya. 

Bukan hanya sebagai penulis suatu cerita, melainkan juga non fiksi. Seperti halnya jurnalis, content writer, copywriter, bloger, dll. Bahkan banyak perusahaan membutuhkan jasa penulis untuk mempromosikannya brand-nya, loh!

Tulisan jadi Rapi dan Tertata
Alasan mengapa harus belajar menulis, ya, supaya tulisan kita jadi rapi dan enak dibaca. Kita pasti pernah melewati masa ngetik SMS dengan paduan kata ajaib. 

Dimulai dari nulis disingkat, diplesetin, bahkan memadukan huruf abjad dengan angka. Anehnya, kalimat ajaib tersebut masih bisa kita pahami. Siapa yang pernah ada di posisi ini, hayo, ngaku! ;D

Nah, dengan belajar menulis, kalimat ajaib tadi akan menjadi indah dan mudah dicerna. Gimana caranya? Ya, nanti kita akan sama-sama simak di tip meningkatkan kemampuan menulis, ya!

Menghindari Gangguan Mental

Dilansir Intermountain Healthcare bahwa mengekspresikan emosi dapat membantu proses penyembuhan. Penyembuhan di sini bisa berupa trauma ataupun gangguan mental lainnya. 

Melansir Hello Sehat, menuliskan apa yang dirasakan, yang mana emosi tersebut tidak dapat diberitahu ke orang lain pun akan membuat kita merasa lega karena tidak memendamnya dalam hati. 

Emosi di sini bukan hanya tentang amarah, Emosi merupakan perasaan. Jadi, bahagia, sedih, kecewa, dll, adalah bentuk dari emosi itu sendiri. Kalau emosi kita sehat, maka kesehatan mental kita pun akan terjaga. 

Tip Meningkatkan Kemampuan Menulis untuk Pemula! 


Nah, setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa. Yakin, enggak mau belajar untuk meningkatkan tulisan untuk mendapatkan penghasilan dan lainnya? 

O, iya, perlu diketahui kalau.menulis untuk kesehatan mental ini kondisi di mana kita menulis sesuai naluri kita dan apa yang kita mau. Tidak berpatokan dengan kaidah kepenulisan itu sendiri. 

Perlu diketahui hal paling penting sebelum memulai tip meningkatkan kemampuan menulis adalah niat dan kemauan. Juga mindset bahwa tidak semua hal sifatnya instan, tetapi ada prosesnya. 

Jadi, apa aja nih tipnya?

Mengikuti Kelas dan Komunitas Kepenulisan

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari atau mengikuti kelas kepenulisan. Sebarnya, kelas kepenulisan ini banyak kategori, bisa kita pilih sesuai kebutuhan. 

Terpenting, kita harus bisa memanfaatkan kemudahan era digital untuk upgrade skill diri. Ada banyak webinar atau kelas online berbayar maupun gratis. Bahkan seminar luring yang bisa diikuti. 

Kemudian, mengikuti komunitas kepenulisan diperlukan sebagai ruang diskusi dan mengikuti perkembangan dunia kepenulisan yang juga ikut berubah sewaktu-waktu. Saat ini, banyak komunitas menulis yang menyediakan jasa kelas kepenulisan rutin.

Dasar penulisan yang perlu kita ketahui adalah tulisan sesuai EYD dan KBBI. Kemudian, pentingnya kalimat efektif agar mudah dipahami. Juga, belajar menganalisis atau riset. Jadi, tidak ada alasan untuk malas belajar, ya!

Mengembangkan Kepekaan

Tip meningkatkan kemampuan menulis salah satunya yang tidak kalah penting adalah peka. Yup, untuk belajar menulis kita harus peka karena ini akan menjadi sumber inspirasi atau ide menulis.

Menulis cerita pun meski sifatnya fiksi akan selalu membutuhkan ide. Bagaimana caranya biar peka? Coba kita mulai perhatikan kondisi sekitar dan pikirkan apa yang sedang terjadi. Berpikir kritis dan tulislah sesuatu berkaitan dengan apa yang kita lihat. 

Dengan kita peka dan mampu menganalisis kejadian sekitar, membuat cerita fiksi menjadi logis dan tulisan non fiksi makin terasa faktual dan nyata. 

Menjangkau Relasi

Sebetulnya tip satu ini lebih kepada impact atau hal baik yang kita dapatkan dari belajar menulis. Kalau kita mengikuti kelas atau komunitas otomatis kita akan bertemu orang banyak dan orang baru.

Namun, kadang-kadang kita bisa mendapatkan insight baru dan pandangan tentang kepenulisan dari orang-orang yang menekuni dunia kepenulisan. Nah, di sini bisa dikatakan sebagai pelajaran berharga juga.

Menjangkau relasi artinya kita harus mau mengenal orang baru. Membangun interaksi dan komunikasi aktif yang baik dengan relasi. Relasi pulalah yang sering kali menuntun kita mendapatkan penghasilan dari tulisan, loh!

Konsistensi & Menghargai Proses

Tip meningkatkan kemampuan menulis berarti kita harus rajin menulis dan berlatih. Artinya kita pun membutuhkan konsistensi atau rutin membuat jadwal menulis.

Sambil mengikut kelas, kita sambil mempraktekkan apa yang sudah didapatkan. Konsisten tidak harus menulis setiap hari, tetapi jadwal yang harus dipatuhi. Misal seminggu tiga kali, ya harus tiga kali. 

Hargai juga proses konsisten belajar menulisnya. Sebab, untuk menjadi bisa kita akan melalui banyak proses. Proses itu penting sebagai tumbuh kembang kita. Jadi, jangan lupa untuk selalu hargai proses, ya!

Happy Writing, Happy Reading

Siapa bilang penulis harus rajin membaca? Hm, ada tuh salah satu yang bilang bisa menulis tanpa harus membaca. Hm, apa benar?

Sebetulnya asumsi tersebut balik lagi ke perspektif masing-masing, ya. Namun, menulis punya keterikatan solid dan intim dengan membaca. Istilahnya begini, penulis akan selalu membutuhkan pembaca, 'kan?

Kadang-kadang, dengan rajin membaca artinya kita sedang Menghargai figur penulis. Selain itu, rajin membaca jadi tip meningkatkan kemampuan menulis paling pamungkas karena memang se-worth it itu. 

Rajin menjaga membantu kita sebagai penulis untuk menambah wawasan. Juga mengetahui cara penulisan yang benar dan menghargai gaya selingkung suatu penerbit atau media. 

Sebab, menulis bukan hanya tentang keabadian, melainkan ada tanggung jawab penulis terhadap dirinya sendiri dan pembaca. So, happy writing, happy reading. Yuk, terapkan tip meningkatkan kemampuan menulis!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url